Selasa, 15 Mei 2012

TRIDARMA PERGURUAN TINGGI (Rapat Dosen 14 Mei 2012)

Profesi dosen merupakan salah satu profesi yang sangat menantang. Sebagai seorang dosen seseorang harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh DIKTI di antaranya yaitu kewajiban Tridarma Perguruan Tinggi; Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Khusus untuk dosen yang bernaung di Universitas Muhammadiyah Jakarta maka ditambahkan kewajiban untuk mempelajari Al Islam/ Kemuhammadiyahan.
Pemenuhan Tridarma Perguruan Tinggi ini dimaksudkan untuk mengurus jabatan akademik yang dibutuhkan sebagai eksistensi profesi dosen. Jabatan akademik sangat dibutuhkan sebagai data bahwa seseorang itu dosen dan tercatat secara nasional di data DIKTI. Sebelum dibuatkan jabatan akademik, seseorang harus membuat NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) terlebih dahulu berdasarkan surat SK dari Rektor Universitas.


Penelitian untuk pengajuan jabatan akademik diperuntukan bagi semua tenaga edukatif atau dosen tetap. 
Kepangkatan akademik atau jabatan akademik akan mendapat hak seperti pembimbing skripsi, pemerintah bisa memberikan beasiswa pendidikan lanjutan (S3), pendidikan ke luar negeri, kopertis tidak mendiskriminasikan para dosen,
lembaga memfasilitasi dosen untuk mengurus semua keperluan dosen dan pengembangan profesi.
Kepengurusan kepangkatan akademik diproses pada bulan Januari, Pebruari, Agustus dan September.

PENDIDIKAN dan PENGAJARAN
Kewajiban dosen untuk bertugas mencapai 12 sks dengan muatan 8 sks untuk pendidikan dan pengajaran. Sisa sks sebanyak 4 sks diperuntukkan bagi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Proses pendidikan dan pengajaran dilakukan dengan 2 rangkaian evaluasi yakni UTS dan UAS. UTS diperbolehkan dilaksanakan bila sudah mencapai 6/7 kali pertemuan tatap muka dengan mahasiswa. Sedangkan UAS dilaksanakan setelah mencapai minimal 12 kali pertemuan tatap muka dengan mahasiswa.

PENELITIAN

Pimpinan fakultas menyediakan dana untuk penelitian kepada dosen secara individual maupun tim. Meskipun terbatas tetapi ada perhatian dari pihak pimpinan. Sekitar 2 juta untuk 1 judul penelitian yang diajukan secara individual. Jika dilakukan secara tim maka diharuskan diketuai oleh Lektor.
Dana-dana dari luar juga banyak tersedia misalnya melalui DP2M dan DIKTI. Dari DIKTI dana berkisar antara 50-75 juta, sekurang-kurangnya 10 juta perjudul.
Penelitian yang akan didukung diprioritaskan pada tema yang bisa mendukung prodi, keilmuan yang linier dan sesuai dengan kebutuhan akreditasi prodi. Kewajiban sebagai dosen harus menulis sekurang-kurangnya 2 judul penelitian pertahun (1 semester, 1 judul)

Hasil-hasil penelitian dapat dipublikasikan melalui jurnal, baik jurnal PAUD atau jurnal lain yang terakreditasi. Bagi dosen yang ingin menerbitkan buku bisa diterbitkan pada penerbitan Yudistira (Bapak Sentot), Rajawali Press dan Hi Fest Publishing.

PENGABDIAN MASYARAKAT
 Kegiatan pengabdian masyarakat bisa ditempuh dengan keaktifan dosen memberikan materi di seminar-seminar atau pelatihan. Keikutsertaan dalam organisasi juga bisa diupayakan untuk mendapatkan angka kredit yang berimbang antara semua aspek Tridarma Perguruan Tinggi.

KEMUHAMMADIYAHAN
Keaktifan bidang Kemuhammadiyahan dilakukan dengan keikutsertakan dalam organisasi seperti Aisyiyah, pengajian berkala dan kegiatan keagamaan rutin di pagi hari.

 Semua aspek Tridarma Perguruan Tinggi harus memiliki poin yang berimbang antara satu dengan yang lainnya. Pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar