Kamis, 03 Mei 2012

WORKSHOP BIDANG AKADEMIK BAGI PIMPINAN/KARYAWAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA (UMJ) AULA PASCASARJANA UMJ, 1-2 MEI 2012

 
SAMBUTAN REKTOR
Visi misi Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) adalah terkemuka, modern dan Islami. Untuk mencapai visi misi tersebut harus dimulai dengan komitmen yang berkaitan dengan akademik. Tugas ini diemban oleh dekan bersama aparat yang berada di bawahnya. Kerjasama antar dekan, dosen dan mahasiswa diwujudkan dalam bentuk mempertahankan prestasi, di antaranya membangun kesempatan berprestasi bagi mahasiswa, membuat jurnal dan perpustakaan yang memadai.
Prestasi mahasiswa diharapkan mampu membawa nama baik kampus. Oleh karena itu kampus menyediakan beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi. Jurnal diharapkan mampu diwujudkan karena kebutuhan ini sudah sangat mendesak. Bagaimana kampus bisa maju jika pemikiran para dosen tidak dipublikasikan. Dalam hal menulis ini dirasa masih kesulitan mencari dosen yang mau menulis. Jurnal seharusnya bisa diterbitkan secara berkala. Kemudian perpustakaan masih diharapkan untuk dibenahi demi berlangsungnya proses akademik yang berkualitas di masa yang akan datang.
UMJ ke depan semakin berkembang dan melihat kebutuhan pasar. Beberapa program pasca baru dimunculkan dan masih dalam proses yaitu S2 PAUD, S2 Teknik Kimia, S3 Studi Islam dan S3 Ekonomi Islam. Persiapan-persiapan ke arah itu sudah dilakukan untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang bisa kita capai bersama.
PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI (PDPT)
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Oleh: Drs. Nursal, MM
Selama ini proses evaluasi dilakukan dengan sistem Epsbed atau asesmen berdasarkan evaluasi diri. Evaluasi ini hanya berdasarkan kepercayaan artinya apa saja yang ditawarkan Perguruan Tinggi (PT) dipercaya 100%. Pada kenyataannya banyak PT yang memmake up data padahal yang diminta dikti adalah data asli. Tahun 2009/2010 istilah Epsbed dirubah menjadi PDPT.
Konsep Efisiensi dan Efektifitas PDPT
Perubahan Paradigma PDPT
Manfaat PDPT
1.      Untuk keperluan sertifikasi dosen, beasiswa dan program studi
2.      Penyimpanan data, laporan akademik, publikasi ilmiah
3.      SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) dan SPME (Sistem Penjaminan Mutu Eksternal)
4.      Membandingkan dengan PT lain (benchmarking)
5.      Mengakomodir sistem informasi
6.      Mempermudah pengiriman data
7.      Keamanan data
8.      Mendukung integritas dan konsistensi data
9.      Membantu pengambilan keputusan
Muatan PDPT
1.      Master mahasiswa
2.      Master kurikulum
3.      Perkuliahan
4.      Nilai
5.      Dosen
6.      Perubahan status mahasiswa
Data yang disampaikan melalui online
1.      Master dosen
2.      Kapasitas
3.      Penelitian
4.      Sarana prasarana
5.      Publikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar