KONSEP DASAR PAUD
Per
|
Tanggal
|
Topik
|
Tugas
|
1
|
04/05/13
|
Pendidikan Anak Usia
Dini;
Pendidik, Anak Usia
Dini, Pendidikan, Organisasi Pendidik.
|
Mahasiswa membawa data
dan informasi tentang topik, diskusi bersama.
|
2
|
18/05/13
|
Arah baru dalam
PAUD;
Peran pemerintah dan
Undang-Undang terkait.
|
Mahasiswa membawa
undang-undang yang terkait dengan penyelenggaraan PAUD di Indonesia (analisis
SWOT).
|
3
|
01/06/13
|
Tokoh ternama dalam
PAUD;
Tokoh, Teori yang
dimunculkan:
Piaget, Vygotsky, Ki
Hajar Dewantara
|
Mahasiswa membawa
profil dan teori PAUD yang dipopulerkan para tokoh dan presentasi.
|
4
|
22/06/13
|
Penerapan Program
PAUD;
High Scope, Montessori,
Sekolah Alam
|
Mahasiswa melakukan
observasi ke sekolah yang ditunjuk, membuat laporan
|
5
|
06/07/13
|
Materi pilihan mahasiswa
|
Mahasiswa mempersiapkan
materi
|
6
|
20/07/13
|
UAS
|
Mahasiswa menjawab
pertanyaan secara tertulis.
|
Evaluasi:
Harian = Keaktifan dalam diskusi
UTS = Hasil tugas yang dilakukan perkelompok
UAS = Tertulis
PERKEMBANGAN ANAK
Per
|
Tanggal
|
Topik
|
Tugas
|
1
|
04/05/13
|
Perkembangan Anak;
Faktor yang
mempengaruhi perkembangan anak.
|
Mahasiswa memberikan
beberapa contoh permasalahan anak secara umum.
|
2
|
18/05/13
|
Perkembangan Fisik
|
Mahasiswa membuat
makalah tentang perkembangan anak yang dibagi menjadi kategori (0-2 tahun,
2-4 tahun, 4-6 tahun, 6-8 tahun)
|
3
|
01/06/13
|
Perkembangan Sosial
Emosional
|
|
4
|
22/06/13
|
Perkembangan Kognitif
|
|
5
|
06/07/13
|
Perkembangan Moral
Agama
|
|
6
|
20/07/13
|
Final dan UAS
|
Mahasiswa merangkum
hasil pertemuan dan menyerahkan hasil UAS.
|
Evaluasi:
Harian
= Keaktifan dalam diskusi
UTS
= Hasil tugas yang dilakukan perkelompok
UAS
= Mahasiswa membuat hasil observasi tentang perkembangan anak
Contoh
Lembar observasi:
Lembar Observasi
Nama
Anak :
Usia :
Aspek
yang diamati:
Deskripsi:
|
Refleksi:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar