Kamis, 01 Maret 2012

Lokakarya Program Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat, Kreatifitas Mahasiswa, HKI dan Publikasi bagi Dosen


Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis (29 Pebruari dan 1 Maret 2012) di ruang Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Dari empat topik utama tersebut, saya tertarik mendalami program penelitian yang diperuntukkan bagi dosen yang bertugas di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Penelitian yang  ditawarkan dan didanai Dikti mencakup 7 skim terdekat seperti Hibah Fundamenta, Hibah Bersaing, Pekerti, Tim Pascasarjana, Hibah Disertasi Doktor dan Riset Unggulan. Di antara skim tersebut yang bisa saya ikuti adalah Hibah Disertasi Doktor dan Hibah Bersaing.
Hibah Disertasi Doktor diperuntukkan bagi mahasiswa S3 yang sedang belajar atau sedang menyusun Disertasi. Meskipun  proses studi on going, saya masih berkesempatan mengajukan proposal yang diterima LP2M selambat-lambatnya 16 Maret 2012. Setelah direview, proposal tersebut disampaikan ke Dikti untuk dikompetisikan dalam penerimaan dana anggaran 2013 yang akan datang. Tentu proses ini memakan waktu dan tenaga yang serius dan fokus.
Dalam pengajuan proposal Hibah Disertasi Doktor ini, persyaratan utama yang harus dimiliki adalah dosen yang sudah memiliki NIDN dan sedang belajar di Program Pascasarjana (Doktor) di universitas negeri di Indonesia, salah satunya Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Saya studi di UNJ sejak tahun 2009 dan sekarang sudah menempuh ujian Seminar Hasil Disertasi. Meski hampir selesai studi, dana ini tetap bisa diupayakan dengan sistem on going. Satu kesempatan bagi saya yang baru saja memperoleh NIDN dua minggu lalu (SK Rektor sebagai Dosen Tetap turun Oktober 2011).
Hibah Bersaing diperuntukkan bagi tim yang terdiri dari dua atau tiga orang. Diupayakan anggota berasal dari disiplin ilmu yang berbeda. Persyaratan utama ketua tim adalah berjabatan akademik Lektor. Hal ini menyebabkan kesulitan bagi saya pribadi karena proses jabatan akademik baru dimulai minggu lalu dan sampai saat ini belum turun jabatan Asisten Ahli (AA). Jika saya tetap menginginkan masuk ke dalam tim, berarti hanya bisa menjadi salah satu anggota di bawah komando Lektor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar