| 
Mata Kuliah | 
: | 
Metodologi
  Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini | 
| 
Kode | 
: | 
AUD 042 | 
| 
Bobot SKS | 
: | 
3 | 
| 
Jurusan | 
: | 
PGPAUD | 
| 
Program Studi | 
: | 
PGPAUD | 
| 
Semester | 
: | 
4 | 
| 
Mata Kuliah Prasyarat | 
: | 
Perkembangan Anak, Konsep Dasar PAUD | 
| 
Pengajar | 
: | 
Widia Winata, M.Pd | 
| 
Standar Kompetensi | 
: | 
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar metodologi pengembangan sosial emosional untuk
  anak usia dini. | 
| 
Kompetensi Dasar | 
: | 
Mahasiswa dapat memahami perkembangan sosial emosional anak dari berbagai tingkatan usia dan berbagai cara
  penanganan anak berkesulitan. | 
| 
Indikator | 
: | 
1.       
  Menjelaskan konsep dasar metodologi pengembangan sosial
  emosional 
2.       
  Mendeskripsikan tahap perkembangan sosial
  emosional anak usia dini 
3.       
  Mengembangkan metode yang sesuai dengan pengembangan
  sosial emosional untuk anak sesuai dengan tahap usia | 
| 
Deskripsi Mata Kuliah | 
: | 
Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib yang harus diambil oleh
  mahasiswa sebagai calon pendidik anak usia dini. Teori yang diungkapkan dalam
  bahasan dikaitkan dengan permasalahan riil yang terjadi di masyarakat saat
  ini. Mahasiswa sebagai pendidik diharapkan mampu membimbing anak didik
  khususnya dalam pengembangan sosial
  emosional di setiap jenjang usia anak. | 
| 
Materi Pokok Perkuliahan | 
: | 
1.      Overview MP Sosial Emosional AUD 
2.      Teori Perkembangan Sosial Emosional AUD 
3.      Tahap Perkembangan Sosial Emosional AUD 
4.      Budaya dan Perkembangan Sosial Emosional AUD 
5.      Media dan Perkembangan Sosial Emosional AUD 
6.      Menolong dan Alasan Moral 
7.      Kooperatif, Kompetitif dan Agresif | 
| 
Pendekatan Pembelajaran 
 Penilaian 
Buku Sumber  | 
 : | 
Student Centered; cooperative learning dengan metode jigsaw,
  driil dan tugas.  
1.   
Formatif
(30%); kehadiran, keaktifan dalam jigsaw 
2.   
UTS
(30%); essai tertulis 
1.     Peter K. Smith and Craig H. Hart, Blackwell Handbook of Childhood Social Development,
Oxford: Blackwell, 2002 
2.     Jo Ann Brewer, Introduction to Early Childhood Education, Six
Edition, Boston: Pearson, 2007 
3.    Kathleen McCartney and Deborah
Phillips, Early Childhood Development, Oxford:
Blackwell, 2006 
4.      Diane E. Papalia,
Sally Wendkos Olds and Ruth Duskin Feldman, Human Development, New York:
Mc Graw Hill, 2009 
5.      McDevitt, Teresa
M. and Jeanne Ellis Ormrod, Child Development,
New Jersey: Pearson, 2004 
6.      Smith, Jeffrey
Trawick, Early Childhood Development,
New Jersey: Merrill Prentice Hall, 2003 
Mengetahui,                                                                                Jakarta, 4 Maret 2012 
Ketua
Jurusan/Prodi                                                                        
                                                                 Dosen
Pengampu  
..............................................                                                                                                                    Widia Winata, M. Pd | 
 
Ketertarikan di bidang ilmu agama Islam dimulai saat memasuki Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang dan dilanjutkan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Tarbiyah. Pengalaman hidup membawa saya kemudian memilih PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sebagai fokus riset dan pengembangan pengetahuan lanjutan. Dua disiplin ilmu ini tidak dapat dipisahkan dalam kerangka pemahaman yang holistik yang saya sebut dengan PAUD Islami.
Minggu, 04 Maret 2012
METODOLOGI PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI; SILABUS
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar