Jumat, 16 Maret 2012

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI (Eksperimen di TK Aisyiyah 1 Cileungsi Bogor, 2012); ABSTRAK

 
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh strategi pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap perilaku prososial anak usia dini khususnya usia Taman Kanak-Kanak (TK) kelompok B (usia 5-6 tahun). Peneliti ingin melihat seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari proses pelaksanaan pembelajaran yang dituangkan guru di sekolah serta tipe kepribadian anak terhadap perubahan perilaku prososial. Tipe kepribadian diikutsertakan dalam variabel sebagai penekanan pengelompokkan, apakah seorang anak termasuk tipe ekstrovert atau introvert. Hal ini penting diketahui karena masing-masing anak berbeda satu dengan yang lainnya. Dengan pengelompokkan itu diharapkan dapat ditemukan strategi yang cocok diterapkan bagi anak sesuai dengan tipe kepribadiannya; strategi pembelajaran kooperatif atau kompetitif.
Ide penelitian ini muncul setelah melihat dan mengamati perilaku prososial  dewasa ini sudah sangat luntur dalam masyarakat Indonesia. Mulai dari perilaku anti sosial tingkat rendah seperti mencoret dinding, membuang sampah tidak pada lokasinya bahkan perilaku korupsi dan tindak kriminal tingkat tinggi. Hampir setiap hari di dalam tayangan televisi dan media cetak ditampilkan bentuk-bentuk perilaku antisosial tersebut. Pertanyaan yang muncul dalam pemikiran peneliti adalah bagaimana perilaku prososial dapat ditanamkan kepada anak bangsa ini agar perilaku yang direalisasikan tidak menganggu khalayak sosial yang ada di sekitar lingkungan masyarakat tersebut. Pertanyaan ini dijawab dengan upaya proses pendidikan di tingkat paling dini yaitu keluarga. Sebagai lembaga pertama dan utama tentu keluarga berperan besar dalam menumbuhkan perilaku prososial pada anak. Proses penddidikan di keluarga dilanjutkan dengan prasekolah seperti TK. Peneliti mengambil lokasi penelitian di TK dengan harapan bisa melangkapi dan memperkokoh apa yang sudah didapat anak dari keluarganya.
Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen di TK Aisyiyah 1 Cileungsi dengan menggunakan desain treatment by level 2x2. Dengan metode tersebut didapatkan gambaran bahwa model pembelajaran yang mana yang cocok diberikan kepada anak yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert atau untuk anak yang memiliki tipe kepribadian introvert. Penelitian dilaksanakan selama tahun akademik 2012-2013 dengan menyusun rancangan tindakan untuk anak kelompok B. Pengambilan subjek dan lokasi ini diyakini bahwa pengenalan dan pelaksanaan perilaku prososial diharapkan dapat ditumbuhkan sejak anak berusia dini.

1 komentar:

  1. maaf bu sebelumnya, saya mau tanya ini ada jurnalnya?
    bisa dicari dimana iy bu?

    BalasHapus