Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh
strategi pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap perilaku prososial anak
usia dini khususnya usia Taman Kanak-Kanak (TK) kelompok B (usia 5-6 tahun).
Peneliti ingin melihat seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari proses
pelaksanaan pembelajaran yang dituangkan guru di sekolah serta tipe kepribadian
anak terhadap perubahan perilaku prososial. Tipe kepribadian diikutsertakan
dalam variabel sebagai penekanan pengelompokkan, apakah seorang anak termasuk
tipe ekstrovert atau introvert. Hal ini penting diketahui karena masing-masing
anak berbeda satu dengan yang lainnya. Dengan pengelompokkan itu diharapkan
dapat ditemukan strategi yang cocok diterapkan bagi anak sesuai dengan tipe
kepribadiannya; strategi pembelajaran kooperatif atau kompetitif.
Ide penelitian ini muncul setelah melihat dan mengamati
perilaku prososial dewasa ini sudah
sangat luntur dalam masyarakat Indonesia. Mulai dari perilaku anti sosial
tingkat rendah seperti mencoret dinding, membuang sampah tidak pada lokasinya
bahkan perilaku korupsi dan tindak kriminal tingkat tinggi. Hampir setiap hari
di dalam tayangan televisi dan media cetak ditampilkan bentuk-bentuk perilaku
antisosial tersebut. Pertanyaan yang muncul dalam pemikiran peneliti adalah
bagaimana perilaku prososial dapat ditanamkan kepada anak bangsa ini agar
perilaku yang direalisasikan tidak menganggu khalayak sosial yang ada di
sekitar lingkungan masyarakat tersebut. Pertanyaan ini dijawab dengan upaya
proses pendidikan di tingkat paling dini yaitu keluarga. Sebagai lembaga
pertama dan utama tentu keluarga berperan besar dalam menumbuhkan perilaku
prososial pada anak. Proses penddidikan di keluarga dilanjutkan dengan prasekolah
seperti TK. Peneliti mengambil lokasi penelitian di TK dengan harapan bisa
melangkapi dan memperkokoh apa yang sudah didapat anak dari keluarganya.
Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen di TK
Aisyiyah 1 Cileungsi dengan menggunakan desain treatment
by level 2x2.
Dengan metode tersebut didapatkan gambaran bahwa model pembelajaran yang mana
yang cocok diberikan kepada anak yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert atau
untuk anak yang memiliki tipe kepribadian introvert. Penelitian dilaksanakan
selama tahun akademik 2012-2013 dengan menyusun rancangan tindakan untuk anak
kelompok B. Pengambilan subjek dan lokasi ini diyakini bahwa pengenalan dan
pelaksanaan perilaku prososial diharapkan dapat ditumbuhkan sejak anak berusia
dini.
maaf bu sebelumnya, saya mau tanya ini ada jurnalnya?
BalasHapusbisa dicari dimana iy bu?