Kamis, 15 Maret 2012

PERAN PAUD DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK BY Dr.GUSNAWIRTA THOIB FASLI , M.Pd

Kuliah Umum Bersama Prof. dr. H. Fasli Jalal, Ph.D, Sp.GK pada hari Selasa, 13 Maret 2012 dilaksanakan di Aula Pascasarjana UMJ dengan tema "Pendidikan Holistik dalam Melejitkan Kecerdasan Anak". Acara ini dihadiri oleh sivitas akademika UMJ; para dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan. Meski pembicaraan diwakilkan oleh istri Pak Fasli, Ibu Dr. Gusnawirta Thoib Fasli, M.Pd namun acara tetap berjalan dengan hikmat.
Pembukaan dimulai dengan nyanyian lagu Indonesia Raya, sepatah kata dari Rektor UMJ dan kuliah inti bersama Ibu Gusnawirta. Nyanyian lagu Indonesia diiringi oleh alunan angklung mahasiswa. Dilanjutkan dengan tarian yang dipersembahkan oleh anak-anak TK Labschool UMJ. Tarian yang indah; anak perempuan yang cantik dan cerdas berkolaborasi membentuk lingkaran dan cantik sekali.
Kuliah Umum dimulai dengan uraian dari Ibu Gusnawirta dan Ibu Rektor dilanjutkan dengan panel yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya.
Inti dari paparan kuliah adalah;

PERAN PAUD DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

Surat Ali Imran 159; 
Surat Annisa 9;

a child is a butterfly in the wind
some can fly hinger than other
but each one files the best it can

Perkembangan manusia terjadi sejak usia dini sampai dewasa; tahap oral, anal, phalik, laten dan genital. Perkembangan tersebut memuat tiga aspek yaitu perkembangan fisik, psikologis dan sosial.

BAGAIMANA PAUD DILAKSANAKAN
PAUD bukan untuk mendinikan sekolah, mengkarbit anak.
PAUD dilaksanakan melalui bermain, tidak merampas dunia anak.
PAUD dilakukan dari lingkungan anak yang terdekat, keluarga.
PAUD fungsi lembaganya adalah untuk melengkapi yang masih kurang (belum didapatkan dalam keluarga).
PAUD bertujuan untuk melejitkan potensi anak.

PERMAINAN ANAK ADALAH PENDIDIKAN (KI HAJAR DEWANTARA)
Permainan dapat menstimulasi sel syaraf anak dan pembentukan sinaps-sinaps.

MEMBENTUK KARAKTER ANAK
Karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari orang lain (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008). Pengertian lain tentang karakter adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana serta proses pemberdayaan potensi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar