Kamis, 01 Maret 2012

MK MTK PAUD (Silabus)


Mata Kuliah
:

Pengembangan Matematika untuk Anak Usia Dini
Kode
:

AUD 042
Bobot SKS
:

2
Jurusan
:

PGPAUD
Program Studi
:

PGPAUD
Semester
:

5
Mata Kuliah Prasyarat
:

Perkembangan Anak, Konsep Dasar PAUD
Pengajar
:

Widia Winata, M.Pd
Standar Kompetensi
:

Mahasiswa dapat memahami konsep dan teori pengembangan  matematika untuk anak usia dini serta dapat menyusun model pengembangan matematika sesuai dengan tingkatan usia anak.
Kompetensi Dasar
:

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar pengembangan matematika untuk anak usia dini, perkembangan anak dan kaitannya dengan pengembangan matematika, mengkaji berbagai permasalahan yang terkait dengan pengembangan matematika anak serta mengembangkan model matematika untuk anak usia dini.
Indikator
:

1.       Menjelaskan konsep dasar pengembangan matematika anak usia dini
2.      Mendeskripsikan tahap perkembangan anak dalam kaitannya dengan pengembangan matematika untuk anak usia dini
3.       Membuat model pengembangan matematika untuk anak sesuai dengan tahap usia
Deskripsi Mata Kuliah
:

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa sebagai calon pendidik anak usia dini. Teori yang diungkapkan dalam bahasan dikaitkan dengan permasalahan riil yang terjadi di masyarakat saat ini. Mahasiswa sebagai pendidik diharapkan mampu membimbing anak didik khususnya dalam pengembangan kemampuan matematika di setiap jenjang usia anak.
Materi Pokok Perkuliahan
:
1.      Konsep Dasar Pengembangan Matematika untuk Anak Usia Dini
2.      Tahap Perkembangan Anak dalam Kaitannya dengan Pengembangan Matematika di Usia Dini
3.      Pendekatan Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini
4.      Pengembangan Konsep Matematika
5.      Isu-isu Kritis Praktek Pengembangan Matematika di Indonesia
6.      Penggunaan Komputer dalam Pengembangan Matematika
7.      Model Pengembangan Matematika untuk Anak Usia Dini
Pendekatan Pembelajaran
:

Student Centered dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, kelompok, drill, tugas, demonstrasi dan metode lain yang digunakan secara bervariasi.
Penilaian
:

1.    Formatif (30%); kehadiran, keaktifan dalam diskusi, makalah kelompok
2.    UTS (30%); essai tertulis
3.    UAS (40%); pembuatan model pengembangan matematika
Buku Sumber
:


1.      Richard W. Copeland, How Children Learn Mathematics; Teaching Implications of Piaget’s Research, Fourth Edition, New York: Macmillan Publishing Company
2.      Jo Ann Brewer, Introduction to Early Childhood Education, Six Edition, Boston: Pearson, 2007
3.      Howard Gardner, Frame of Mind, Tenth Edition, New York: BasicBooks, 1993
4.      Agus Supriyanto, Menanamkan Cinta Matematika, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008
5.      Ratna Megawangi, dkk, Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan; Penerapan Teori DAP, Jakarta: Indonesia Heritage Foundation, 2004
6.      John W. Santrock, Life Span Development, terj. Juda Damanik, Jakarta: Erlangga, 2002
7.      Bahan dari internet dan media massa lainnya.


Mengetahui,                                                                            Jakarta, 20 September 2011
Ketua Jurusan/Prodi                                                                Dosen Pengampu Mata Kuliah


..............................................                                                      Widia Winata, M. Pd
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar