Sabtu, 10 Maret 2012

RAPAT KOORDINASI PROGRAM PENELITIAN FIP UMJ

Rapat Koordinasi Program Penelitian FIP UMJ diadakan hari ini, Sabtu 10 Maret 2012 pukul 09-11 WIB di ruang Dosen FIP. Agenda utama adalah memetakkan penelitian mana yang bisa diambil sebagai bahan draf proposal tim. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil lokakarya yang diadakan 1 Maret lalu. Sebagai peserta aktif, saya mengajukan proposal unggulan berupa Usul Penelitian Disertasi Doktor dan proposal pilihan Hibah Bersaing.
Penelitian Disertasi Doktor dengan judul "Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini" merupakan tugas akhir untuk mendapatkan gelar Doktor di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) program studi PAUD. Dengan posisi sebagai mahasiswa aktif semester enam, saya bisa memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan DIKTI. Adapun penelitian Hibah Bersaing, saya mengajukan judul Pengembangan Model Jigsaw pada Mata Kuliah Bermain, Permainan Anak Usia Dini dan Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di FIP UMJ. Latar belakang masalah yang diangkat adalah kurang bervariasinya pemilihan model belajar mahasiswa di perguruan tinggi serta penggunaan metode yang monoton; ceramah dan tanya jawab saja. Dengan penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah model belajar yang bervariatif, kooperatif dan sesuai dengan kondisi mahasiswa yang notabene calon pendidik PAUD.
Untuk semua proposal penelitian tersebut sudah harus diterima reviewer minggu depan pada acara Penampilan Proposal Tim. Tampilan yang dibuat berupa draf, bisa dikritisi rekan-rekan sesama dosen dan tim LPPM UMJ. Hasil editing akhir akan dilaporkan ke LPPM untuk dilanjutkan ke DIKTI tanggal 30 Maret 2012.
Akhir kata, saya berdoa semoga langkah awal penelitian ini dapat disikapi dengan semangat juang tinggi karena penelitian ini adalah kompetisi tingkat nasional yang mengedepankan mutu. Sukses untuk Disertasi, sukses untuk tim. Manjadda wa jada, man shabara zofiro...amin.


2 komentar:

  1. vita berharap semoga semuanya di beri kelancaran oleh Allah SWT,AMIN...suksess yang bu cantikk...n terus semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke vita,tanks ya..jangan lupa komporin teman2 tuk kirimkn file matematikanya...ibu tunggu...batas akhir 30 maret yah..

      Hapus