Kamis, 15 Maret 2012

METODOLOGI PENGEMBANGAN KOGNITIF 1 (SAINS); SILABUS

Mata Kuliah
:

Metodologi Pengembangan Kognitif 1 (Sains)
Kode
:

AUD 042
Bobot SKS
:

3
Jurusan
:

PGPAUD
Program Studi
:

PGPAUD
Semester
:

4
Mata Kuliah Prasyarat
:

Perkembangan Anak, Konsep Dasar PAUD
Pengajar
:

Widia Winata, M.Pd
Standar Kompetensi
:

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar metodologi pengembangan sains untuk anak usia dini.
Kompetensi Dasar
:

Mahasiswa dapat memahami perkembangan kognitif anak khususnya di bidang sains, memberikan stimulus pengembangan sains sesuai dengan tahap perkembangan anak dan melakukan uji coba (eksperimen) produk sains untuk anak.
Indikator
:

1.      Menjelaskan konsep dasar sains dan posisi anak sebagai ilmuwan.
2.    Mendeskripsikan proses belajar sains dalam perspektif Behaviorisme dan Kognitifisme.
3.  Mengembangkan metodologi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Deskripsi Mata Kuliah
:

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa sebagai calon pendidik anak usia dini. Teori yang diungkapkan dalam bahasan dikaitkan dengan permasalahan riil yang terjadi di masyarakat saat ini. Mahasiswa sebagai pendidik diharapkan mampu membimbing anak didik khususnya dalam pengembangan sains di setiap jenjang usia anak.
Materi Pokok Perkuliahan
:
1.     Overview MP Sains AUD
2.      Anak sebagai Ilmuwan
3.      Urgensi MP Sains AUD
4.      Sains dalam Alquran
5.      Konsep Pengembangan Sains Menurut Behaviorisme
6.      Konsep Pengembangan Sains Menurut Kognitifisme
7.      Metodologi Pengembangan Sains AUD
8.   Pengembangan Sains AUD (0-9 tahun)
Pendekatan Pembelajaran
Penilaian



Buku Sumber
















 :
 :
  


:
Individualistic learning; metode eksperimen, performence
1.    Formatif (30%); kehadiran, presentasi individual
2.    UTS (30%); essai tertulis
3.  UAS (40%); tugas produk sains
1.
2.     Jo Ann Brewer, Introduction to Early Childhood Education, Six Edition, Boston: Pearson, 2007
3.    Kathleen McCartney and Deborah Phillips, Early Childhood Development, Oxford: Blackwell, 2006
4.     Diane E. Papalia, Sally Wendkos Olds and Ruth Duskin Feldman, Human Development, New York: Mc Graw Hill, 2009
5.    McDevitt, Teresa M. and Jeanne Ellis Ormrod, Child Development, New Jersey: Pearson, 2004
6.     Smith, Jeffrey Trawick, Early Childhood Development, New Jersey: Merrill Prentice Hall, 2003
 
Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Maret 2012
Ketua Jurusan/Prodi                                                                       

                                                                 Dosen Pengampu


..............................................                                                                                                                    Widia Winata, M. Pd

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar