Mata Kuliah
|
:
|
Metodologi
Pengembangan Kognitif 1 (Sains)
|
Kode
|
:
|
AUD 042
|
Bobot SKS
|
:
|
3
|
Jurusan
|
:
|
PGPAUD
|
Program Studi
|
:
|
PGPAUD
|
Semester
|
:
|
4
|
Mata Kuliah Prasyarat
|
:
|
Perkembangan Anak, Konsep Dasar PAUD
|
Pengajar
|
:
|
Widia Winata, M.Pd
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar metodologi pengembangan sains untuk
anak usia dini.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mahasiswa dapat memahami perkembangan kognitif anak khususnya di bidang sains, memberikan stimulus pengembangan sains sesuai dengan tahap perkembangan anak dan melakukan uji coba (eksperimen) produk sains untuk anak.
|
Indikator
|
:
|
1. Menjelaskan konsep dasar sains dan posisi anak sebagai ilmuwan.
2. Mendeskripsikan proses belajar sains dalam perspektif Behaviorisme dan Kognitifisme.
3. Mengembangkan metodologi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib yang harus diambil oleh
mahasiswa sebagai calon pendidik anak usia dini. Teori yang diungkapkan dalam
bahasan dikaitkan dengan permasalahan riil yang terjadi di masyarakat saat
ini. Mahasiswa sebagai pendidik diharapkan mampu membimbing anak didik
khususnya dalam pengembangan sains di setiap jenjang usia anak.
|
Materi Pokok Perkuliahan
|
:
|
1. Overview MP Sains AUD
2. Anak sebagai Ilmuwan
3. Urgensi MP Sains AUD
4. Sains dalam Alquran
5. Konsep Pengembangan Sains Menurut Behaviorisme
6. Konsep Pengembangan Sains Menurut Kognitifisme
7. Metodologi Pengembangan Sains AUD
8. Pengembangan Sains AUD (0-9 tahun) |
Pendekatan Pembelajaran
Penilaian
Buku Sumber
|
:
|
Individualistic learning; metode eksperimen, performence
2.
UTS
(30%); essai tertulis
1.
2. Jo Ann Brewer, Introduction to Early Childhood Education, Six
Edition, Boston: Pearson, 2007
3. Kathleen McCartney and Deborah
Phillips, Early Childhood Development, Oxford:
Blackwell, 2006
4. Diane E. Papalia,
Sally Wendkos Olds and Ruth Duskin Feldman, Human Development, New York:
Mc Graw Hill, 2009
5. McDevitt, Teresa
M. and Jeanne Ellis Ormrod, Child Development,
New Jersey: Pearson, 2004
6. Smith, Jeffrey
Trawick, Early Childhood Development,
New Jersey: Merrill Prentice Hall, 2003
Mengetahui, Jakarta, 15 Maret 2012
Ketua
Jurusan/Prodi
Dosen
Pengampu
.............................................. Widia Winata, M. Pd
|
Ketertarikan di bidang ilmu agama Islam dimulai saat memasuki Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang dan dilanjutkan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Tarbiyah. Pengalaman hidup membawa saya kemudian memilih PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sebagai fokus riset dan pengembangan pengetahuan lanjutan. Dua disiplin ilmu ini tidak dapat dipisahkan dalam kerangka pemahaman yang holistik yang saya sebut dengan PAUD Islami.
Kamis, 15 Maret 2012
METODOLOGI PENGEMBANGAN KOGNITIF 1 (SAINS); SILABUS
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar