Mata Kuliah
|
:
|
Bermain dan
Permainan Anak Usia Dini
|
|||||||||
Kode
|
:
|
AUD 013
|
|||||||||
Bobot SKS
|
:
|
3
|
|||||||||
Jurusan
|
:
|
PGPAUD
|
|||||||||
Program Studi
|
:
|
PGPAUD
|
|||||||||
Semester
|
:
|
6
|
|||||||||
Mata Kuliah Prasyarat
|
:
|
Perkembangan Anak, Konsep Dasar PAUD
|
|||||||||
Dosen
|
:
|
Widia Winata, M.Pd
|
|||||||||
Standar Kompetensi
|
:
|
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar bermain untuk anak usia
dini serta dapat menyusun model permainan sesuai dengan tingkatan usia anak.
|
|||||||||
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mahasiswa dapat memahami teori bermain dari berbagai perspektif, tahap-tahap perkembangan bermain anak, mengembangkan permainan dengan berbagai aspek kecerdasan jamak dan budaya serta mengembangkan model permainan yang sesuai dengan anak usia dini.
|
|||||||||
Indikator
|
:
|
1.
Menjelaskan konsep dasar bermain dan permainan
anak usia dini
2.
Mendeskripsikan tahap perkembangan anak dalam
kaitannya dengan bermain dan permainan untuk anak usia dini
3.
Membuat model permainan sesuai dengan tahap usia
anak.
|
|||||||||
Deskripsi Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib yang harus diambil oleh
mahasiswa sebagai calon pendidik anak usia dini. Teori yang diungkapkan dalam
bahasan dikaitkan dengan permasalahan riil yang terjadi di masyarakat saat
ini. Mahasiswa sebagai pendidik diharapkan mampu membimbing anak didik
khususnya dalam kegiatan bermain
dan permainan di setiap jenjang usia anak.
|
|||||||||
Materi Pokok Perkuliahan
Pendekatan Pembelajaran
Penilaian
Buku Sumber
|
:
:
:
:
|
1. Bermain dalam Perspektif Klasik
2. Bermain dalam Perspektif Kontemporer
3. Manfaat dan Nilai yang Terkandung dalam Bermain
4. Tahapan Bermain
5. Bentuk Permainan
6. Evaluasi Permainan
7. Permainan Tradisional
8. Aspek Kecerdasan Jamak dalam Permainan
9. Bermain dengan Gerak dan Lagu
10. Teknologi dan Permainan
11. Contoh Aplikasi Permainan
Student Centered; cooperative learning dengan
metode jigsaw, drill dan demonstrasi.
Formatif (30%)
UTS (30%)
UAS (40%)
1. Sue Dockett and Marilyn Fleer, Play and Pedagogy in Early Childhood Bending the Rules, Australia: Thomson Learning , 2003
2. Sandra J. Stone, Playing; A Kid's Curriculum 1001 Activities for Young Children Age 2-6, New York: Good Year Books, 1993
5. Kamtini dan Husni Wardi Tanjung, Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: DIKTI, Subdit PGTK dan PLB, 2004
6.
Mengetahui, Jakarta, 3 Maret 2012
Ketua
Jurusan/Prodi Dosen
Pengampu
.............................................. Widia Winata, M. Pd
|
Ketertarikan di bidang ilmu agama Islam dimulai saat memasuki Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang dan dilanjutkan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Tarbiyah. Pengalaman hidup membawa saya kemudian memilih PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sebagai fokus riset dan pengembangan pengetahuan lanjutan. Dua disiplin ilmu ini tidak dapat dipisahkan dalam kerangka pemahaman yang holistik yang saya sebut dengan PAUD Islami.
Jumat, 02 Maret 2012
BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK USIA DINI; SILABUS
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
pos nya bermanfaat,,,makasih bu...ijin copas ya...jgn lupa jalan2 juga di blog ku,,,
BalasHapushttp://hajekamaruddin.blogspot.com
BalasHapus